pISSN: 2356-2226│eISSN: 2655-8114

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Dinamika Lingkungan Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Sebelum menyiapkan dan mengirimkan naskah artikel, harap dicatat bahwa penulis tidak disarankan untuk menarik makalah yang dikirim setelah proses publikasi (tinjau, salin, tata letak, dll.). Selama ini, Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  telah menghabiskan sumber daya berharga selain waktu yang dihabiskan dalam proses. Harap siapkan naskah Anda sebelum dikirim, menggunakan pedoman berikut dan templat artikel di bawah ini: Format File artikel harus disediakan dalam format Microsoft Word. Kami saat ini tidak menerima format lain, seperti file LaTex atau PDF. Panjang artikel maksimal 15 halaman, termasuk referensi. Maksimal 4 halaman lampiran diizinkan. Judul artikel Judul maksimal 10 (sepuluh) kata harus disediakan

Penulisan Naskah. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia dengan abstrak dalam bahasa Inggris yang tidak lebih dari 200 kata serta 3-5 kata kunci (keyword). Naskah harus ditulis dalam kertas berukuran A4 (ikuti Template).

Format Artikel Dinamika Ligkungan Indonesia.

Judul. Maksimal 10 kata dalam bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris, lugas dan menarik.

Nama penulis. (tanpa gelar), alamat dan lembaga tempat bekerja ditulis lengkap dan jelas. Naskah disusun secara berurutan dari Halaman Judul (Judul, nama penulis, lembaga, kota, Negara, nomor telpon, faksimil, email dan running title maksimal 15 kata).

Abstrak. Merupakan miniatur isi keseluruhan tulisan meliputi masalah, tujuan, metode, hasil, simpulan , di tulis dalam bahasa Inggris maksimal 200 kata.

Key Words. Memuat konsep yang terkandung dalam artikel, ditulis dalam bahasa Inggris terdiri dari 3-5 kata.

Pendahuluan. (Tanpa sub judul) memuat latar belakang masalah penelitian, uraian dan fokus permasalahan,landasan teori dan hasil penelitian terdahulu yang akan mendukung permecahan permasalahan dan tujuan penelitian.

Metodologi. Menjelaskan Bahan dan Alat, bagaimana prosedur penelitian dilakukan meliputi desain penelitian, populasi, sample, instrumen, skala pengukuran dan analisis data.

Hasil dan Pembahasan. Hasil dari analisis data yang dilengkapi dengan ilustrasi (gambar, foto, tabel dan grafik).

dibahas dengan Menginterpretasikan hasil penelitian dan mengkaitkan dengan konsep dasar. Perbandingan dengan teori, hasil penelitian lain yang relevan. Pada pembahasan sangat perlu ketajaman analisis secara kritis.

Ucapan Terimakasih. Pemberian ucapan kepada Instansi, Lembaga atau Perusahaan yang memberi Sponsor, dan juga kepada Pembantu dalam penelitian dan penulisan.

Kesimpulan. Memuat esensi dari perpaduan antara hasil dengan pembahasan, jelas bukan hanya rangkuman biasa.

Bentuk Tabel/Grafik dan Gambar. dalam bentuk standar penulisan ilmiah, angka dan huruf times new roman ukuran 10. Singkatan yang ada di dalam Tabel/Grafik dan Gambar dilengkapi singkatanya tersebut dibawahnya.

Daftar pustaka. disusun mengikuti gaya referensi APA, bila daftar  pustaka mempunyai alphabet yang sama. Nama yang digunakan adalah nama kedua (keluarga) diikuti dengan nama pertama yang disingkat.

 Misalnya:

Jika Referensi diperoleh dari Jurnal:

 

Alves, H., and Raposo, M. (2006). Conceptual model of student satisfaction In higher education. Total Quality Management, 17, 1261-1278.

Brown, R. A. (2012). Music preferences and personality among Japanese  university students. International Journal of Psychology, 47(2), 259-  268.

Rochyatun, E., Kaisupy, T dan Rozak, A., (2006). Distribusi Logam Berat dalam air dan   Sedimen di Perairan Muara Sungai Cisadane. Jurnal Makara, 10 (1), 35-40.

 

Jika Referensi diperoleh dari Buku:

 

Mulyadi, A., (2005). Hidup Bersama Sungai Kasus Provinsi Riau. Unri Press. Pekanbaru.

Hofstede, G., Hofstede, G. J., and Minkov, M. (2010). Cultures and organizations: Software of the mind - Intercultural cooperation and its importance for survival (3 ed.). New York, NY: McGraw-Hill.


 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Silakan temukan hak dan lisensi di Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia. Dengan mengirimkan artikel / manuskrip artikel, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan penandatanganan dokumen khusus.

1. Lisensi

Penggunaan artikel yang non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini ditampilkan pada Atribusi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International.

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License

2. Jaminan Penulis

Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.

 

3. Hak Pengguna

Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan pekerjaan hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  dalam mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.

 

4. Hak Penulis

memegang semua hak mereka untuk karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;

  • Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten,
  • Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan sendiri, termasuk kuliah dan buku,
  • Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri,
  • Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut,
  • Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini (Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  ).

 

5. Co-Authorship

Jika artikel tersebut disusun bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang menyerahkan naskah waran bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis dari ketentuan kebijakan ini. Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  tidak akan bertanggung jawab atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang sesuai.

 

6. Royalti

Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah masa lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya.

 

7. Lain-lain

Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  akan menerbitkan artikel (atau menerbitkannya) di jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan. Editor Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia  dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca seperti yang disebutkan dalam poin 3.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.